Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Kota Lama Surabaya, Ada Apa Saja?

wisata kota lama surabaya

Wisata Surabaya semakin punya banyak pilihan sejak diresmikan kawasan Kota Lama Surabaya. Kawasan ini terdapat empat zona yang bisa kamu jelajahi, diantaranya zona Eropa, Pecinan, Arab dan Melayu, dulunya kawasan ini merupakan pusat perekonomian.

Sudah kebayang dong gimana luasnya kawasan Kota Lama. Namun postingan ini cerita tentang zona Eropa saja, areanya cukup luas juga dan banyak wisata sejarah yang bisa dikunjungi. Selanjutnya, jika ada waktu, pengen banget jalan-jalan di area lainnya.

Bagaimana Cara ke Kota Lama Surabaya?

Kamu bisa menikmati Kota Lama Surabaya dimulai dari kawasan Eropa yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun Surabaya bus. Jika kesana naik kendaraan pribadi, lebih baik parkirnya di depan Jembatan Merah Plaza, karena kalau parkir di terminal Kasuari sering penuh atau malah disuruh parkir di JMP.

Alternatif lain, bisa naik Surabaya bus jurusan Purabaya - Perak, nanti turun di halte JMP. Nah, sedikit tips nih, daripada mengikuti rute untuk turun ke halte JMP, berarti muter dulu sampai perak, jauhnyaaa. Mending turun di halte Bubutan atau Pringadi, nanti lanjut pakai ojek online aja deh, lebih hemat waktu.

cara ke kota lama surabaya

Ada apa saja di Kota Lama Surabaya?

Kawasan wisata heritage Surabaya yang bisa dikunjungi saat siang maupun malam, dan kamu bisa rasakan bedanya!

Jika kamu mengawali perjalanan di kawasan Eropa, bisa mengunjungi Taman Sejarah Surabaya, nggak jauh dari situ langsung jalan mengunjungi Gedung Internatio Surabaya, sejujurnya belum pernah masuk ke dalam gedung, karena tidak ada plat atau tanda jam berapa buka, maka hanya bisa foto-foto di sekitar gedung saja.

pabrik siropen


Lanjut, kamu bisa nyebrang dari Gedung Internatio ke Gedung Cerutu, ternyata memang tidak dibuka untuk publik, jadi dinikmati dari luar saja. Selanjutnya, jalan di samping gedung cerutu, ada gang kecil yang bisa kamu lewati, disini terdapat banyak rumah tua yang masih dihuni. Sambil menikmati bangunan tempo dulu, terdapat warung yang menyajikan makanan khas Surabaya yaitu rujak cingur selain itu juga menikmati menu lainnya, seperti gado-gado, nasi campur dan aneka gorengan.

Masih sekitar situ terdapat pabrik sirup yaitu Pabrik sirup (Siropen) dan masih berproduksi sampai, terkenal dari dulu karena kualitasnya masih terjaga. Bisa langsung dibeli loh.

Kalau kamu ingin mengulik lebih dalam jauh tapi nggak mau capek untuk mengunjungi tempat heritage, bisa menggunakan mobil semacam mobil golf yang dimodif untuk wisatawan, bisa berkeliling di berbagai lokasi di kawasan kota lama, tersedia dari pagi maupun malam.

Selain itu, kamu bisa menikmati kota lama Surabaya dengan menyewa Jeep tour, harganya 45ribu perorang. Hanya hari sabtu dan minggu saja, lebih baik booking dulu lewat online karena banyak yang antusias menikmati kota lama dengan jeep.

event kota lama surabaya

Kegiatannya apa saja sih di Kota Lama Surabaya?

Buanyaaak banget kegiatan yang bisa kamu lakukan di Kota Lama Surabaya. Warga sekitar biasanya banyak memanfaatkan dengan jalan pagi, kumpul dengan komunitas, berfoto di setiap kawasan, kulineran karena sedang gencarnya menggaet UMKM kuliner maupun griya untuk bisnis di kota lama.

Paling sering sih kulineran, apalagi di kawasan pecinan maupun di zona arab, kental banget perbedaannya dan wajib dieksplor.

Setiap zona di kota lama Surabaya memang pusat perekonomian, jadi meskipun ke sini saat weekday tetap rame, perbelanjaan, tempat makan, aneka toko, dan ditambah dengan wisata, kapanpun boleh saja, atau rajin cek akun instagram official kota lama surabaya untuk tahu event yang sedang berlangsung.

Sepertinya nggak akan cukup untuk menikmati kota lama Surabaya hanya sehari aja, apalagi wisatawan dari luar kota maupun luar negeri, kamu bisa menginap untuk jelajah Surabaya lebih banyak lagi.

Menginap di Hotel sekitar JMP Surabaya.

Solusi paling jitu nih kalau mau menginap di Surabaya sekaligus wisata. Cari hotel yang ada di sekitar JMP Surabaya, karena kawasan Eropa nih pusatnya, dan mudah banget kalau mau menuju zona lainnya.

Reddoorz menjadi pilihan terbaik untuk booking hotel dan penginapan secara online. Sudah lama cari hotel Surabaya dengan Reddoorz karena banyak pilihannya dan harganya juga bersaing. Selain itu pilihan pembayarannya juga beragam, seringnya sih pakai pilihan "Book now, pay at hotel". Jadi bisa bayar saat check-in di hotel.

Informasi yang disediakan juga cukup lengkap, seperti fasilitas hotel, harga, foto, lokasi dan masih banyak lagi, keuntungan lainnya juga ada pilihan refund jika tidak jadi booking (syarat dan ketentuan berlaku), ini sih yang bikin percaya untuk booking karena kalau ada kondisi mendadak, bisa cancel.

Ingin menginap dengan harga yang lebih murah lagi? Jangan lupa cantumkan kode voucher RDAFFSW3 saat payment. voucher berlaku hingga 31 Desember 2024. Jika ada pertanyaan, bisa tanya di kolom komentar ya. Selamat liburan!


kode voucher diskon

Posting Komentar untuk "Wisata Kota Lama Surabaya, Ada Apa Saja?"