Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil CEO Amartha: Andi Taufan Garuda Putra Dirikan Amartha untuk Sejahterakan UMKM di Indonesia

profil CEO Amartha
sumber: https://www.amartha.com/blog/siaran-pers/amartha-perkuat-komitmen-bangun-ekosistem-finansial-inklusif/

Amartha, sebagai platform fintech yang telah berumur 14 tahun ini mampu menjadi solusi bagi pelaku UMKM di Indonesia. Kehadiran Amartha tidak hanya sekedar membantu pelaku UMKM dari segi modal, tetapi juga membantu mendongkrak kesuksesan dalam berbisnis. Mau tahu siapa yang berperan penting dibalik kesuksesan Amartha? Ini dia profil CEO Amartha.
 

Sejarah Berdirinya Amartha

Mulanya berdiri Amartha adalah hanya sekedar untuk membantu pelaku UMKM di desa Ciseeng, Bogor pada tahun 2010. Modal termasuk salah satu kunci dari berjalannya usaha. Oleh karena itu, Amartha hadir untuk tujuan kesejahteraan merata di Indonesia melalui kesejahteraan ekonomi akar rumput, untuk membantu para pengusaha UMKM agar mendapatkan modal terjangkau. Dengan begitu, mereka bisa bertumbuh lebih baik untuk memenuhi ekonomi keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Seiring dengan pertumbuhan Amartha yang signifikan, kehadiran teknologi yang mempermudah segala hal menjadi langkah baru bagi Amartha untuk berkembang.

Sejak saat itu, Amartha menjadi pionir modernisasi keuangan mikro yang memperkenalkan akses microfinance. Dalam hal ini menggunakan marketplace sebagai platformnya. Keuntungan utama platform ini, dimana pendana individu serta institusi bisa ikut berpartisipasi untuk memberikan modal bagi pelaku UMKM Indonesia.

Meski modal yang diberikan tidaklah terlalu besar, tetapi Amartha melihat bahwa adanya pertumbuhan yang sangat besar yang berhasil dihasilkan dari modal tersebut. Ribuan kisah dan usaha sukses berhasil dilahirkan dari Amartha dalam beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, Amartha sudah sangat siap untuk mendorong perubahan keuangan mikro di Indonesia.
 

Profil CEO Amartha

Dibalik kesuksesan yang berhasil diperoleh Amartha, tak lain perusahaan ini bernaung di bawah seorang CEO yang sangat cerdas, yaitu Andi Taufan Garuda Putra. Lelaki kelahiran 1987 ini bahkan pernah menempati posisi staf khusus presiden Republik Indonesia pada tahun 2019 silam.

Keberhasilannya dalam membangun bisnis ini, juga didukung dengan pendidikan yang telah ditempuhnya. Untuk jenjang sarjana, Andi Taufan Garuda Putra berhasil lulus dari Institut Teknologi Bandung dengan jurusan Manajemen Bisnis. Lalu, dilanjutkan dengan gelar master yang berhasil diperoleh pada tahun 2016 dari Harvard University.

Namun, jauh sebelum pendidikan masternya dimulai, Andi Taufan Garuda Putra sudah terlebih dahulu membangun sebuah lembaga keuangan mikro pada tahun 2009. Ia memodali para ibu rumah tangga agar mau memulai wirausaha dengan akses keuangan yang difasilitasinya. Menariknya, saat itu ia hanya mendirikan Amartha dengan modal 10 juta rupiah. Lalu, menerapkan pinjaman yang berbasis kelompok mingguan kepada ibu-ibu pelaku UMKM di desa dengan sistem tanggung renteng berjumlah 10-15 orang.

Pendidikan master selesai, akhirnya Andi Taufan Garuda Putra kembali berkontribusi dan mengubah Amartha menjadi peer to peer lending seperti saat ini. Dengan perubahan ini, ia sangat siap untuk memberdayakan bisnis di Indonesia.

Dalam hal ini, ia menganut pendekatan sistem bagi hasil. Demi lancarnya setiap transaksi, maka ia pun membuat credit scoring yang dapat merekam data perilaku serta transaksi calon peminjam.

Kini, ribuan kelompok di desa-desa telah berhasil mendapatkan modal usaha dari Amartha. Tidak hanya menyediakan akses permodalan untuk keberlangsungan bisnis, tetapi Amartha juga turut menghadirkan pendampingan UMKM secara berkala untuk memastikan kelancaran usaha.

Siapa pun kini juga bisa loh bergabung dengan Amartha untuk menjadi pendana untuk mendanai pengusaha UMKM di desa dengan modal kecil mulai dari 100 ribu rupiah saja. Imbal hasilnya bisa kamu rasakan yang cair setiap minggunya.

Itulah seuntai kisah dan profil CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra yang sangat menginspirasi banyak orang. Dapat direnungkan, bahwa niat dengan tujuan yang besar mampu membuahkan hasil. Didukung juga dengan ketekunan dan keseriusan dalam menjalaninya.

Posting Komentar untuk "Profil CEO Amartha: Andi Taufan Garuda Putra Dirikan Amartha untuk Sejahterakan UMKM di Indonesia"