Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Oli Motor, Simak!

cara merawat motor
cara merawat motor. cr: pexels/@pixabay


Memiliki sepeda motor sangat membantu mobilitas keseharian, seperti memudahkan untuk perjalanan pendek, seperti ke kantor, sekolah dan tujuan lainnya. Jalanan macet tidak menjadi masalah jika mengendarai sepeda motor, karena dapat menjangkau gang-gang kecil atau area pedesaan dengan kondisi jalan yang kurang baik.

Tidak hanya sebagai alat transportasi, sepeda motor bisa menjadi gaya hidup dan kepuasan pribadi. Tak jarang pemilik sepeda motor mengikuti komunitas untuk saling berbagi tips dan mengadakan touring dengan tujuan eksplor berbagai tempat baru.

Agar performa motor optimal, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Begini cara merawat sepeda motor untuk pemula :
  • Cek secara berkala : Sebelum berkendara, cek terlebih dahulu tekanan ban, rem dan oli mesin.
  • Penggantian komponen : Ganti busi dan oli secara rutin agar performa motor tetap terjaga.
  • Pemanasan mesin : Beberapa tipe motor membutuhkan pemanasan mesin beberapa menit sebelum digunakan. Tujuannya agar oli mesin dapat bersirkulasi dan melumasi komponen dengan baik.
  • Membersihkan body motor beserta komponen juga dilakukan secara rutin dan menghindari parkir di lokasi yang cuacanya ekstrem.
  • Service motor secara berkala : melakukan service motor di bengkel terpercaya untuk pemeriksaan lebih detail sekaligus menghemat waktu bagi pemilik motor.

Peranan penting oli motor.

Oli motor merupakan peran vital yang mempengaruhi performa motor. Sebagai pengendara wajib mengetahui fungsi oli motor :
  • Berfungsi sebagai pelumas : Oli motor berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen. Keberadaan akan membuat komponen tersebut terlindungi dan bergerak lebih halus.
  • Berfungsi sebagai pendingin : Mesin motor yang bergerak secara terus-menerus akan menghasilkan panas, fungsi oli motor untuk menjaga suhu mesin dan mencegah panas yang berlebihan.
  • Berfungsi sebagai pembersih : Selain untuk mengurangi gesekan, ketika bekerja oli juga membersihkan kotoran seperti partikel kecil di mesin yang menyebabkan kerusakan.
  • Berfungsi mengurangi emisi : Penting memilih jenis oli mesin agar pembakarannya lebih efisien sekaligus bersih sehingga mengurangi jumlah polusi yang dihasilkan.
  • Berfungsi sebagai melindungi mesin dari korosi : Oli melindungi setiap permukaan komponen mesin untuk mencegah kontak langsung dengan udara dan kelembaban penyebab korosi.
Bagaimana jika jarang atau tidak mengganti oli secara berkala? Komponen mesin akan cepat aus, mesin cepat panas dan terjadi overheat.

cara memilih oli motor
cara memilih oli motor, cr: pexels/@andiravsanjani


Cara memilih oli motor

Setelah mengetahui fungsi oli, pengendara juga harus pintar memilih untuk menjaga mesin motor mampu berumur panjang. Berikut tips untuk memilih oli motor :
  • Pahami jenis-jenis oli : memilih sesuai dengan jenisnya akan mempermudah memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan beserta kelebihan yang ditawarkan setiap jenisnya.
  • Memilih sesuai dengan kebutuhan : jika dalam keseharian sering melakukan perjalanan jauh atau kondisi jalan yang berat, pilih oli yang mampu memberikan perlindungan ekstra dan tidak cepat panas.
  • Periksa sertifikasi dan merek terpercaya : setiap jenis kendaraan memiliki rekomendasi dari pabrikan untuk memilih merek oli tertentu atau bisa juga mencari rekomendasi dari teman maupun saudara yang sudah menggunakan produk yang terpercaya. Periksa sertifikasi untuk cek keaslian dan kegunaannya.

oli motor supra x 125
motor supra x 125. cr: astra-honda.com


Salah satu cara agar pengendara motor terhindar dari produk oli palsu dengan konsultasi dengan mekanik di bengkel yang terpercaya, konsultasi untuk mengetahui jenis oli apa yang cocok untuk kendaraan yang dipakai. Tentunya oli untuk motor matic akan berbeda dengan oli supra x 125

Harga memang menentukan kualitas, namun oli merupakan hal penting agar mesin tetap terjaga dan tidak cepat aus. Maka sebaiknya pemotor juga menyisihkan dana untuk perawatan motor secara berkala. Jika tidak dirawat dan motor sering bermasalah, dana yang dikeluarkan akan lebih banyak dari biaya perawatan.

Semoga tips untuk memilih oli motor dapat memberikan kemudahan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan berkendara.

10 komentar untuk "Cara Memilih Oli Motor, Simak!"

  1. “Pahami jenis-jenis oli…”, hmmm iya juga nih, oli ada macemnya juga ya oli mesin, oli rem huhu wanitah sekarang pun dituntut paham beginian. Supaya aware dgn kondisi kendaraan yang kita pakai.

    BalasHapus
  2. Wajib nih yang punya motor untuk cek kendaraan
    Pakai oli pilihan supaya mesin tahan lama
    Aku juga baru tahu kalau gak boleh asal pilih oli

    BalasHapus
  3. Nah ini penunjang kinerja motor agar lebih maksimal soalnya kalau pemilihan oli kurang tepat akan berimbas pada laju kendaraan, so harus cek oli secara berkala dong

    BalasHapus
  4. Pilih oli motor memang harus teliti buat pengendara motor, sehingga gak hanya mahir mengendarai aja ya, tetapi juga paham mesin motor. Soalnya kalo dapat oli yang gak asli, bisa berdampak gak oke buat mesin motor.

    BalasHapus
  5. Memang kalau bisa pilih oli motor yang benar-benar berkualitas ya mbak. Soalnya kan ada juga oli yang mungkin tidak tahan lama sehingga harus diganti meskipun kilometer masih pendek

    BalasHapus
  6. Pengguna sepeda motor selain harus rajin merawat motornya, juga harus memperhatikan oli apa yang digunakan ya. Lalu menggantinya juga harus tepat waktu agar mesin tetap prima.

    BalasHapus
  7. Emang katanya Salah satu dasar perawatan motor itu adalah dengan rutin ganti olinya jadi motornya bisa selalu awet. Pas banget di rumah Itu motornya juga Supra X 125 jadi bisa rekomendasikan buat suamiku

    BalasHapus
  8. jadi oli pun gak sekedar pelumas motor ya.. kudu banget pilih oli yang berkualitas biar kendaraannya awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbak
      Aku pun jadi banyak belajar soal perolian
      Apalagi memang sangat butuh motor kita
      Lebih awet dan nilai jual tinggi

      Hapus
  9. Oli motor memang gak boleh sembarangan ya. Harus disesuaikan dengan jenis motornya. Biar performa motor bisa selalu bagus. Dan pastinya, ganti olinya juga kudu rutin. Pilihan tempat ganti oli yang bagus memang Planet Ban. Olinya bagus, montir-montirnya juga handal. Untuk servis juga begitu. Peralatannya lengkap.

    BalasHapus